cupang+%25281%2529 Jenis   Jenis Ikan Cupang
Cupang (Betta sp.) adalah ikan air tawar yang habitat asalnya adalah beberapa negara di Asia Tenggara, antara lain IndonesiaThailand, Malaysia, dan Vietnam. Ikan ini mempunyai bentuk dan karakter yang unik dan cenderung agresif dalam mempertahankan wilayahnya. Di kalangan penggemar, ikan cupang umumnya terbagi atas tiga golongan, yaitu cupang hias, cupang aduan, dan cupang liar.
Ikan cupang adalah salah satu ikan yang kuat bertahan hidup dalam waktu lama sehingga apabila ikan tersebut ditempatkan di wadah dengan volume air sedikit dan tanpa adanya alat sirkulasi udara (aerator), ikan ini masih dapat bertahan hidup.

Ikan Cupang Hias
Cupang hias, jenis nya macam- macam sesuai dengan bentuk-nya. Ini adalah cupang hias jenis serit. Cirinya sirip bergerigi dan menjuntai panjang mirip sisir. Cupang ini berasal dari perairan Indonesia. Harganya bisa mencapai ratusan ribu rupiah, bila kualitasnya ekspor. Dan yang mirip burung merak ini, adalah halfmoon, atau setengah bulan. Sirip nya bisa mengembang sampai setengah lingkaran.
Cupang hias terbagi menjadi 4, antara lain :

  • Serrit / crown tail
      ikan hias cupang serit Jenis   Jenis Ikan Cupang
      Serrit / crown tail
      Jenis ini memiliki ciri husus berupa jeruji di ekornya. jenis cupang ini masih terbagi menjadi 4 bagian yaitu serit 1 berjeruji 1, serit 2 berjeruji 2, serit 3 berjeruji 3, dan serit 4 berjeruji 4.
















    • Pelakat
      jenis+ikan+cupang+plakat Jenis   Jenis Ikan Cupang
      Pelakat
      Plakat bentuknya hampir sama dengan tipe petarung. Namun bila amarahnya terusik, tipe plakat ini akan mengembangkan siripnya hingga tegak melebihi 180 derajat. inilah yang membedakan dengan cupang petarung. Jenis ini memiliki ciri seperti jenis bagan. namun corak warna nya yang membedakan.Biasanya lebih indah dan bentuk ekornya tak sehalus tipe bagan.  






    • Double tail(ekor 2)

      cupang+double tail Jenis   Jenis Ikan Cupang
      Double tail(ekor 2)
      Maksudnya jenis ikan cupang ini memiliki ekor yang bercabang menjadi 2 bagian.
















    • Halfmoon(setengah bulan)

      halfmoon Jenis   Jenis Ikan Cupang
      Halfmoon(setengah bulan)
      Cupang jenis ini memiliki ciri khusus yaitu ekornya yang lebar seperti kipas dan kibatannya mencapai 180 derajat. hingga seperti busur. 
      Cupang ini yang mendatangkan banyak rejeki. Baik warna, sirip dan ekornya sangat memikat. Half moon adalah cupang asal Thailand. Kurun waktu sepuluh tahun ke belakang ikan ini merambah pasaran Indonesia. Harganya bisa mencapai jutaan rupiah. Biasanya ikan jenis sering menjadi ajang kontes.






    • Giant (cupang raksasa)

      cupang+Giant+cupang+raksasa Jenis   Jenis Ikan Cupang
      Giant (cupang raksasa)

    Cupang jenis ini merupakan hasil perkawinan silang antara cupang biasa dengan cupang alam, cupang jenis ini ukurannya bisa mencapai 12 cm





    Ikan Cupang Aduan
    Cupang aduan banyak varietasnya, gaya tarungnya pun berbeda2, ada yg tipe fighter, dancer, slugher, dsb, tergantung anda suka tipe yg mana, tiap gaya tarung punya kelemahan tersendiri (anda harus pintar2 membaca/prediksi gaya tarung lawan), rata2 jenis cupang adu berekor pendek, menurut pglmn saya, cupang adu tanpa dasi mempunyai keistimewaan nafas lebih panjang dari jenis lain, selain sisiknya lebih tebal, kalo ga salah cupang jenis ini banyak terdapat di sungai2 daerah vietnam
    Untuk ciri2 umum cupang adu diantaranya ; badannya full pressed body ( ramping-liat), kalo dilihat seksama ada cekungan halus dari ujung badan sampai samping perut, sisik kecil2 tebal, bentuk dahi seperti ikan arwana, ring bibir tebal, jari2 sirip ekor halus rapat (jari2 sirip yg besar2 rawan terserang jamur, saat sirip terkoyak/luka), pembawaannya low profile, (santai tapi waspada), Cupang model begini rata2 raja-tega di medan laga, menyerang musuh tanpa ampun, kadang berakhir dgn kematian lawan.

    Ikan Cupang Liar
    cupang+alam bettaburdigalad Jenis   Jenis Ikan Cupang
    Betta Burdigalla
    Ikan cupang pada dasarnya adalah ikan liar yang hidup di rawa-rawa bahkan di persawahan, karena keindahannya dan dapat di adu maka sekarang banyak orang yang membudidayakannya. dan sekarang sudah banyak persilangan dari berbagai macam cupang dan menghasilkan jenis cupang baru.